Selasa, 14 April 2020

Pengenalan Ms.Excell

Pengertian Microsoft Excell

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.

Memulai dengan Microsoft Excell
1.Melalui double klik shortcut Microsoft Excel di desktop.

Jika ingin membuka Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada  desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shortcut belum terpasang di desktop, shortcut dapat dimunculkan dengan langkah berikut:
1. Klik kanan pada desktop.
2. kemudian klik Microsoft Excel worksheet.
3.Klik (2x) Microsoft Excel untuk membukanya.

Jendela Ms.Excell Bagian - Bagian Beserta Fungsinya
1. Office Button, Berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi
umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, Exit Word.
2. Quick Access, Tools yang berisi kumpulan tombol perintah (command button) yang relatif sering digunakan. Contohnya Save, Undo, Redo, Open, New.
3. Title Bar, Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu "Book1".
4. Tombol Ukuran,  Berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi, apakah Maximize, Minimize, atau Close.
5. Menu Bar, Bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.
6. Tool Bar, Bagian yang berisikan tool (alat) untuk bekerja di Ms.Excel.
7. Name Box, Bagian yang menampilkan nama lokasi sel yang sedang aktif.
8. Formula Bar, Bagian yang berfungsi untuk memasukan rumus yang akan digunakan.
9. Column, Bagian yang menampilkan bagian kolom yang ditandai dengan huruf alfabet.
10. Rows (Baris), Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka.
11. Document Area, Bagian lembar kerja Ms.Excel (yang mencakup kolom dan baris).
12. Active Cell (Sel Aktif), Merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.
13. Tab Worksheet, Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.
14. Insert Worksheet, Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.
15. Vertical Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan bawah.
16. Horizontal Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri.
17. Status Bar, Bagian yang menampilkan status lembar.
18. Tampilan Layar, Bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.
19. Zoom, Bagian yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.
Memasukkan lembar kerja
1. Pilih ikon plus di bagian bawah layer atau pilih menu Home > Insert >Insert Sheet.
2. Mengganti nama lembar kerja klik dua kali nama lembar pada tab Sheet untuk mengganti Namanya dengan cepat Atau, klik kanan tab Sheet, klik Rename, lalu ketikkan nama baru.
Mengahapus lembar kerja
Klik kanan tab sheet, lalu pilih delete atau pilih menu Home > Delete > Delete Sheet.

Menyimpan file excel

Setelah anda selesai bekerja menggunakan excel anda dapat menyimpan file excel di dalam folder computer dengan 2 cara. tempat penyimpanan file excel pada versi 2013 ada 2 yaitu dapat dimpan di Cloud microsoft yaitu Onedrive atau di local hardisk.
1. Menggunakan tombol Save pada Quick access toolbar
2. Menggunakan shortcut keybord CTRL+S
Ketika anda sedang bekerja dan kemudian anda lupa menyimpan file,  program excel sangat baik hati memperingatkan anda dengan dialog box dengan pertanyaan “apakah perubahan data akan disimpan?” anda dapat pilih save, don’t save, atau cancel.
 Anda dapat tentukan tempat penyimpanan folder sesuai dengan keinginan anda, sebagai contoh saya simpan file workbook excel pada Document
Apa bedanya Save dengan Save As?
Save digunakan untuk menyimpan perubahan yang terjadi dalam file, Save As digunakan ketika kita akan menyimpan file dengan nama yang berbeda.

Menutup program excel

Cara menutup program excel setelah kita selesai bekerja dengan excel dapat dilakukan dengan cara berikut :
a. Menggunakan tombol Close
b. Menggunakan menu File (bakstage) kemudian pilih Close.
c Menggunakan shortcut
Shortut untuk menutup program excel menggunakan ALT+F4

Mengatur Tampilan & Default Lembar Kerja Ms.Excell

Cara Mengatur Tampilan Lembar Kerja Excel
Zoom Control digunakan untuk mengatur seberapa besar tampilan lembar kerja yang Anda Inginkan dalam bekerja dan mengolah data sehingga dapat bekerja dengan maksimal.

Anda dapat mengolah tampilan lembar kerja dengan berbagai cara yaitu:

Pertama:
Anda dapat menggeser Zoom Control ke arah kiri untuk memperkecil tampilan lembar kerja atau arah kanan untuk memperbesar tampilan yang terletak dipojok kanan bawah dari lembar kerja
Kedua:
Anda dapat mengklik persentasi dari nilai yang ditampilkan, sehingga Anda tampilan akan tampil zoom control, dan Anda dapat memilihnya.

Ketiga:
Dengan cara ini Anda dapat memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja dengan praktis yaitu, dengan menekan tombol Ctrl dan menggerakkan scroler pada mouse, sehingga Anda dengan bebas dapat memperkecil dan memperbesar tampilan lembar kerja.

Keempat:
Selain itu Anda juga dapat mengatur tampilan dengan memilih dalam bentuk Normal yang ditampilkan secara default, tampilan secara Page Layout (yang juga menampilkan margin di Excel serta pengaturan Header dan Footer) dan Page Break Preview (yang juga menampilkan lembar kerja per halaman).

Mengatur Format Tampilan, Angka, Waktu dan Huruf Serta Style Lembar Kerja Ms.Excell

1. Mengatur Format Angka

1. Pilih sel atau rentang sel.
2. Di tab Beranda, pilih Angka dari menu menurun.
Atau, Anda dapat memilih salah satu opsi ini:
* Tekan CTRL + 1 dan pilih angka.
* Klik kanan sel atau rentang sel, pilih Format Sel..., lalu pilih Angka.
* Pilih peluncur kotak dialog   di samping angka  lalu pilih angka.
3. Pilih format yang diinginkan.
2. Mengatur Format Waktu
1.         Klik sel yang diinginkan
2.        Ketikkan tanggal yang diinginkan sesuai format yang berlaku.
3.        Sorot range yang akan dirubah format date and timenya
4.        Klik menu Format > Cells. Kotak dialog Format Cells akan ditampilkan.
5.        Klik tab Number
6.        Di kotak daftar pilihan Category, klik Date untuk pengaturan tanggal dan Time untuk pengaturan waktu.
7.        Di kotak daftar pilihan Type, klik bentul format tampilan yang diinginkan. Lalu klik OK.
8.        Kalau atur lokasi yang sesuai pilih lokasi di kotak pilihan Locale.

3. Mengatur Format Huruf
* Blok terlebih dahulu sel/range yang akan diubah tampilannya.
* Kemudian klik kanan dan pilih Format Cells lalu akan muncul kotak dialog Format Cells.
* Pada kotak dialog tersebut pilih tab Font
* Fonts untuk memilih jenis huruf
* Font style untuk mengubah gaya tampilan huruf
* Size untuk mengubah ukuran huruf
* Underline untuk memilih jenis garis bawah
* Color untuk mengganti warna huruf
* Strikethrough untuk memberikan garis tengah pada tulisan
* Superscript untuk memberikan pangkat pada tulisan
* Subscript untuk membuat tulisan berada di bawah
* Setelah anda memilih apa yang anda inginkan, lalu pilih OK.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat Lunak Analisis Web

  TUGAS MAKALAH PERANGKAT LUNAK ANALISIS WEB     DISUSUN OLEH Nama                                          : Muhamad Ridwan ...